Waktu menunjukkan pukul 08.30, Ruang Kuliah Gedung B.4.1, telah dipenuhi oleh mahasiswa, menunggu dosen pengampu mata kuliah matrikulasi Introduction to Database System. Menurut Jadwal dosen pengampu mata kuliah ini adalah Bpk. Himawan, namun karena beliau tidak dapat mengajar karena ada kepentingan, maka digantikan oleh Bpk. Arif Sulaiman yang menjabat sebagai Sekretaris Pasca Udinus.

Kelas untuk mata kuliah Introduction to Database system kurang begitu menarik, karena materi yang ditampilkan hanya berupa slide presentasi, dimana terdapat banyak sekali teori yang memang harus disampaikan, materi terdiri dari Intro to Database, Data distributed, Data Warehouse. Menurut saya, pengenalan tentang database lebih baik disajikan dalam bentuk contoh kasus, atau paling tidak disampaikan dengan menggunakan ilustrasi. Perkuliahan menjadi menarik ketika ditampilkan video tentang "Tabletop" yaitu komputer yang mempunyai bentuk menyerupai meja, posisi layar monitor tidur sehingga aapbila menggunakan komputer "Tabletop" seolah-olah kita duduk di belakang meja. Kita tinggal melakukan drag n drop pada layar monitor di meja, semua aktivitas di "tabletop" dilakukan dengan menggunakan jari, sangat menarik sekali. Kapan kira-kira komputer "tabletop" mulai memasuki rumah-rumah sepeerti layaknya Computer Desktop? kita tidak tahu pastinya, kita tunggu saja perkembangan selanjutnya.

Setelah makan siang kira-kira pukul 13.00 WIB kelas Introduction to Computer System pun dimulai, kembali Bpk. stefanus menyampaikan konsep-konsep dari komunikasi data pada Jaringan Komputer. Materi yang disampaikan antara lain tentang Sistem Komunikasi Data yang terdiri dari topik (1)Konsep dasar komunikasi data yaitu pertukaran data antara dua pihak secara handal dan effisien.
(2)Cara penyampaian data mulai dari (2.1)Point to Point (Informasi dari sumber ditujukan kepada satu penerima), (2.2)Multipoint (ke beberapa penerima), dan (2.3)Broadcast (ke beberapa penerima secara bersama).
(3)Mode Transmisi Data yang terdiri dari (3.1)Mode Simplex ( sisi sumber selamanya hanya menjadi sumber dan sisi penerima selamanya hanya menjadi penerima saja, contoh : Stasiun pemancar, TV, Radio), (3.2)Mode Half Duplex (Sisi penerima dapat berubah menjadi sumber, contoh : Alat HT, Intercom), (3.3) Full Duplex (pada saat bersamaan masing-masing dapat berfungsi sebagai sumber dan penerima, contoh : Handphone).
(4)Metode Transmisi, terdiri dari dua macam yaitu serial (mengirimkan data satu per satu) dan paralel (mengirimkan data secara bersamaan).
Untuk materi yang Pak Stefanus belum selesai sampaikan dalam Matrikulasi akan dilanjutkan dalam kuliah reguler Computer Network.


Posted by B. Very Christ 22 April 2009