Lebih dari 3 tahun sudah aku lewati, menjalani pekerjaan yang saat ini sedang aku tekuni dalam bidang pendidikan sebagai staf akademik. Tidak terbayang dalam pikiran ketika lulus kuliah, akan mengarungi dunia pendidikan sebagai pengajar. Namun seiring berjalannya waktu, aku banyak belajar tentang dunia pendidikan khususnya mengajar. Mulai dari situlah keinginan untuk menggapai impian mulai terwujud. Oleh karena itu tulisan ini aku beri judul "Menggapai Impian - Menuju Gelar Magister ". Kenapa menggapai impian di tulisan ini mempunyai episode? yach.. karena impian-impian yang ingin aku gapai berjumlah lebih dari satu, hehehe.... wajar setiap manusia pasti memiliki impiannya masing-masing, yang penting Terus Bermimpi !!!!!.......


Apa yang aku lakukan dalam menggapai impianku ini, yang pertama tentu cari-cari informasi tentang perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan pasca sarjana terutama Magister Komputer, area pencarian aku batasi hanya di kota semarang karena mengingat saat ini sedang bekerja, sehingga pendidikan yang hendak aku tempuh tidak akan mengganggu pekerjaan. Pilihan jatuh pada dua (2) perguruan tinggi yaitu Universitas Diponegoro dan Universitas Dian Nuswantoro.

Universitas Diponegoro ( Undip ) yang terlebih dahulu aku kunjungi. Setelah bertemu dengan pengelola Magister Sistem Informasi dan bertanya serta membaca leaflet yang diberikan pengelola ke aku segera aku buat kesimpulan, bahwa (1) kelas kuliah malam yang ingin aku ambil ternyata belum ada, jikapun ada harus menunggu quota mahasiswa minimal 15 orang baru apabila bersedia diadakan kuliah malam, maka kelas malam akan dibuka,(2) Biaya kuliah per semester tergolong masih murah Rp. 5 juta, (3) Dosen Pengajar yang aku lihat di leaflet cenderung banyak dosen dari Ekonomi dan Manajemen, memang Magister Sistem Informasi masih berusia muda, sampai saat ini baru 2 angkatan yang diselenggarakan.

Kemudian giliran Universitas Dian Nuswantoro aku datangi, untuk informasi tentang program pasca sarjana di UDINUS ( Singkatan Universitas Dian Nuswantoro ) sudah lama aku ketahui. tepatnya 1 tahun sebelumnya, ketika itu aku mancari informasi tentang beasiswa unggulan dari pemerintah untuk jenjang S2, setelah bertanya dengna petugas administrasi pasca udinus, maka segera aku buat juga kesimpulan, bahwa (1) kelas kuliah yang diselenggarakan pasca udinus terdiri dari kelas sore ( senin - jumat ) dan kelas khusus ( sabtu & minggu ), (2) Biaya kuliah lebih mahal sedikit dari Undip, akan tetapi karena aku merupakan alumni dari UDINUS maka dikenakan potongan biaya pendidikan sebesar 25 % dari pokok, (3) Dosen pengajar banyak yang berlatar belakang komputer, dan sudah banyak juga yang sudah aku kenal, sampai saat ini UDINUS sudah menyelenggarakan angkatan sampai angkatan 13.

Akhirnya pilihan jatuh pada Magister Teknik Informatika Universitas Dian Nuswantoro Semarang, dengan bidang konsentrasi Sistem Informasi. Segera aku melakukan pendaftaran dengan melampirkan beberapa syarat, juga mengikuti tes kemampuan akademik (TPA) tanggal 27 Maret 2009 kemarin. Rencana kuliah Pra Pasca akan dimulai tanggal 18 April - 3 Mei 2009.

Doakan dan dukung terus ya, supaya semua mimpi dapat tergapai .....

GO FREEDOM !!!


Posted by B. Very Christ 02 April 2009