Sabtu, tanggal 18 April 2009 kemarin menjadi hari yang dipilih oleh Pasca Udinus untuk memulai perkuliahan mahasiswa pasca sarjana Magister Teknik Informatika angkatan XIV. Kuliah Pra Pasca dijadwalkan jam 08.00 – 12.00 WIB, dibagi menjadi 2 sesi yaitu sesi 1: 08.00–09.30 -> Penjelasan Akademik oleh Bpk. Dr. Abdul Syukur (Direktur Pasca), dan sesi 2 : Introduction to Computer oleh Bpk. Stefanus (semula Dr. Yuliman Purwanto, M. Eng).




Dalam sesi 1:Penjelasan Akademik, Bpk. Abdul Syukur menyampaikan beberapa hal mengenai sistem pendidikan yang dijalankan oleh pasca udinus, dari mulai sistem SKS mata kuliah, jumlah semester yang harus ditempuh dalam S2, dan sebagainya. Beliau menjelaskan bahwa konsentrasi pendidikan yang terdapat di pasca MTI ada 3 macam, yaitu (1) Multimedia, (2) E-Bussines, dan yang ketiga (3) Game Technology. Terjadi perbincangan mengenai konsentrasi ini antara mahasiswa dengan Bpk. Abdul Syukur selaku Direktur Pasca Udinus, mahasiswa bertanya mengenai perbedaan konsentrasi Multimedia dan Game Technology. Dijelaskan bahwa perbedaan yang mencolok antara Multimedia dan Game Technology adalah terdapatnya unsur Permainan dalam konsentrasi Game Technology yang mengharuskan si pengguna berinteraksi untuk ikut terlibat di dalamnya, sedang Multimedia hanya merupakan cara penyampaian sebuah atau bahkan lebih materi dengan menggunakan media suara, gambar, video, animasi, teks.



Selain itu, juga dijelaskan tentang kerjasama yang dijalin oleh Udinus dan beberapa Universitas dari Negeri Malaysia. Pasca Udinus sudah mempunyai program pendidikan “Dual Degree” yaitu pendidikan pasca sarjana dapat ditempuh di dua Universitas sekaligus, tahun pertama ditempuh di Udinus Indonesia dan tahun kedua ditempuh di Universitas Malaysia, apabila telah selesai menempuh pendidikan, maka akan memperoleh 2 Ijasah sekaligus. Syarat yang dibutuhkan untuk dapat mengikuti program “Dual Degree ini” yaitu TOEFL minimal 500, mempunyai biaya untuk hidup selama tinggal di Malaysia, karena program ini hanya memberikan fasilitas gratis biaya pendidikan saja, tidak biaya hidup selama belajar.



Dalam sesi 2:Introduction to Computer System, Bpk. Stefanus menyampaikan tentang prinsip-prinsip dasar tentang komputer, dan konsep-konsep yang mendasari terbentuknya sebuah komputer. Sangat menarik mengikuti perkuliahan Bpk. Stefanus. Beliau selalu memancing pengetahuan mahasiswa dengan sebuah pertanyaan, yang mengharuskan mahasiswa mengolah ide-ide dan pemikiran yang sebelumnya belum pernah kita pikirkan. Disela-sela perkuliahan beliau selalu mengatakan bahwa di dalam pendidikan S2, taraf yang harus mahasiswa lakukan adalah “menciptakan” dan “mengembangkan” bukan hanya menggunakan saja. Maka dari itu, beliau selalu mengajak mahasiswa untuk berusaha memahami konsep yang ada mengenai komputer itu sendiri.



Semua berawal dari “IDE”, kalau saya boleh simpulkan.


Posted by B. Very Christ 21 April 2009