OOP atau Object Oriented Programming ( Pemrograman Berorientasi Obyek ) merupakan salah satu Mata kuliah dari Program Pasca Sarjana Magister Teknik Informatika. Dosen pengampu dari mata kuliah ini adalah Pak Romi Satrio Wahono. Sedikit biografi tentang Pak Romi. Beliau adalah pendiri dari web elearning www.ilmukomputer.com
, Beliau menempuh pendidikan S1, S2, S3 di Department of Computer Sciences, Saitama University, Jepang. Kompetensi Beliau di bidang Software Engineering, eLearning System, Knowledge Management. Beliau juga sebagai CEO dari perusahaannya sendiri yaitu PT. Brainmatics Cipta Informatika, yang bergerak di bidang Software House, dan IT Training.

Materi dari Mata Kuliah OOP ini yang akan disampaikan oleh Pak Romi meliputi :

1. OOP Concept - Konsep dan Paradigma Object Oriented.
2. Java Fundamental - Memahami sintaks dan Grammar Bahasa Java.
3. Java Advanced - Eksepsi, Thread, Java API.
4. Java GUI - Swing, GUI Component, Event Handling.
5. Java GUI with Netbeans - Mengembangkan Aplikasi Berbasis GUI dengan Java.

Penyampaian mata kuliah ini menggunakan bahasa java yang dapat diunduh secara gratis di java.sun.com. Tool yang diperlukan dalam mata kuliah ini yaitu Compiler Java - Java Standard Edition (JSE) dan IDE Netbeans sebagai Visual (GUI) Programming yang mengintegrasikan Compiler dan Code Editor. Java merupaka bahasa pemrograman tingkat tinggi setingkat dengan bahasa pemrograman C++.

Dalam pertemuan awal ini topic yang dibahasa antara lain, Karakteristik dari OOP, Perbedan antara class dan object, latihan membuat class, method dan pemanggilan method dengan Netbeans mulai dari karakteristik OOP Constructor dan Inheritance.



Posted by B. Very Christ 12 June 2009

Subscribe here

About Me

My photo
Semarang, Jawa Tengah, Indonesia